10 Aplikasi Trading Saham Terbaik Resmi OJK 2022

Aplikasi Trading Saham Terbaik 2022 Setiap aplikasi yang digunakan untuk investasi saham memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain harus terdaftar OJK, perhatikan juga masalah fitur, keamanan, sampai dengan biaya transaksinya.

Nah, kalau masih bingung memilih maka berikut ini akan diberikan beberapa rekomendasi aplikasinya yang bisa dijadikan pertimbangan:

Aplikasi Trading Saham Terbaru 2022

1. Ajaib

Ajaib

Ajaib merupakan aplikasi saham dari Ajaib Group yang menaungi Ajaib Reksadana dan Ajaib Sekuritas. Kelebihan yang ditawarkan terbilang sangat berbeda karena investor bisa melakukan investasi dengan sedikit modal, bahkan nol rupiah seperti pada kuis.

Selain itu, banyak juga panduan serta rekomendasi produk yang dapat diikuti. Semua sudah dibuat secara khusus sesuai dengan kondisi keuangan dan profil pengguna. Dari sini sudah bisa diketahui bahwa akan sangat menguntungkan dan memberikan dampak yang positif.

Menariknya lagi, Ajaib sudah dilengkapi dengan adanya fitur notifikasi mengenai waktu untuk jual beli saham yang tepat. Sehingga pengguna nantinya dapat memaksimalkan laba yang dimiliki ataupun menekan kerugian.

2. Bibit

Bibit

Bagi investor pemula yang baru berkecimpung dalam dunia saham, Bibit merupakan aplikasi yang tepat untuk dipilih. Hal ini karena didalamnya menyuguhkan beragam fitur transaksi otomatis sehingga tidak perlu dilakukan secara manual.

Aplikasi yang terdaftar di OJK ini mempunyai batas investasi yang cukup terjangkau. Dengan budget sekitar Rp10.000 saja, investor sudah bisa memulai transaksi saham di aplikasi ini. Bibit juga menawarkan beragam pilihan reksadana seperti obligasi, saham dan pasar uang.

Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh investor jika menggunakan aplikasi Bibit, diantaranya yaitu:

  • Pendaftaran dilakukan dengan mudah secara online
  • Pembelian reksadana sepenuhnya tidak ada biaya komisi alias gratis
  • Dana dapat diambil sewaktu-waktu tanpa pinalti
  • Fitur Robo Advisor yang memungkinkan pengguna memilih jalur investasi sesuai penghasilan atau dana yang akan dilokasikan

3. Bareksa

Bareksa

Bareksa menjadi aplikasi investasi yang banyak diminati oleh penggiat pasar modal. Aplikasi ini juga sangat praktis karena segala macam kegiatan mulai dari registrasi sampai transaksi dilakukan melalui online.

Baca Juga  Mengenal Aplikasi Helo Dan Cara Menggunakannya

Aplikasi ini menyediakan sekitar 150 lebih produk reksadana yang bisa dipilih sesuai keinginan, baik yang syariah ataupun konvensional. Bahkan juga sudah disiapkan sekitar 50 manajer investasi yang selalu siap membantu para pengguna dalam mencapai target investasi yang sudah ditentukan.

Bahkan juga didukung dengan beberapa macam metode pembayaran, seperti e-wallet dan transfer bank. Jadi transaksinya bisa dilakukan secara lebih cepat, mudah dan pastinya tidak ribet.

4. BCA Best Mobile

BCA-Best-Mobile

Sama halnya dengan aplikasi saham sebelumnya, cara jual ataupun beli saham di aplikasi BCA Sekuritas sangatlah mudah. Tapi untuk deposit awal dalam pembukaan rekening saham mencapai Rp3 juta.

Sedangkan untuk masalah biaya, fee dalam setiap transaksi dalam melakukan trading online adalah fee jual sebesar 0,28% dan fee beli 0,18%. Namun jika lebih memilih jasa sales broker maka fee setiap transaksi akan semakin tinggi, yaitu fee jual 0,35% dan fee beli 0,25%.

Perlu diketahui bahwa banyak fitur unggulan yang dimiliki oleh Best Mobile dari BCA Sekuritas, yaitu sebagai berikut:

  • Stock Info
  • Portfolio
  • Watchlist
  • Expert Order
  • Real Time Market Data
  • Stock Chart

5. Bions Mobile BNI Sekuritas

Bions-Mobile-BNI-Sekuritas

Dari namanya sudah bisa diketahui bahwa aplikasi jual beli saham ini sangat kredibel karena milik dari bank ternama di tanah air. Bions Mobile dari BNI Sekuritas memiliki tampilan yang sangat sederhana dan mudah.

Bions Mobile juga memberikan sebuah akun trial yang memungkinkan pengguna untuk mencoba beragam fitur didalamnya tanpa perlu deposit lebih dulu. Dengan layanan menarik ini, pengguna bisa memperoleh simulasi jual saham sekaligus mengetahui bagaimana cara kerja dari aplikasi tersebut.

Setoran awal yang ditentukan adalah sebesar Rp1juta, ini berlaku untuk akun reguler ataupun syariah. Untuk fee transaksi beli dalam akun syariah mencapai 0,15% dari setiap transaksi, dan 0,25% untuk fee transaksi jual.

Bagi akun reguler, fee transaksi beli sekitar 0,17% dan fee transaksi jual mencapai 0,27%. Sedangkan untuk beragam fitur menarik yang disuguhkan adalah:

  • Sector trade
  • Watchlist
  • Fundamental
  • Research
  • Corporation action
  • Automatic order

6. Stockbit

Stockbit

Stockbit pada awalnya merupakan sebuah komunitas forum trading atau yang biasa disebut social trading. Kehadiran forum yang satu ini sangat berguna karena investor bisa menjalin jaringan dan bertukar informasi terkait saham dan emiten.

Baca Juga  Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Lucky Cash

Seiring dengan perkembangannya, Stockbit telah menawarkan fasilitas untuk jual beli saham dan melakukan kerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. Namun Stockbit dalam hal ini tidak berperan sebagai broker.

Stockbit pada intinya merupakan aplikasi saham yang memungkinkan pengguna untuk melakukan diskusi, menganalisis dan melakukan trading saham.  Banyak juga beberapa kelebihan yang dimiliki Stockbit, diantaranya:

  • Akun khusus untuk belajar saham
  • Forum diskusi untuk membahas seputar saham online
  • Memiliki data fundamental seperti PE Ration, Debt to Equity, Price to Book Value, Dividend Yield, dan ROE
  • Charting saham in the Cloud bersama Charbit yang dapat mendukung segala macam kegiatan trading member. Terdapat technical indicator yang dilengkapi Bandarmology, Foreign Flow, Darva Box, MACD, Ichimoku Cloud, RSI, MACD, dan lainnya.

7. RTI Business

RTI-Business

RTI Business merupakan aplikasi dari PT RTI Infokom yang sudah cukup populer bagi para investor. Aplikasi ini menyajikan informasi seputar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), harga emas, berita saham.

Selain itu, RTI Business juga menyuguhkan informasi yang berkaitan dengan pasar modal seperti data finansial, charts, price quotes dan lain sebagainya. Bahkan juga terdapat fitur marker yang membantu investor untuk mengetahui pergerakan IHGS setiap waktu.

Transparansi yang ada dapat diketahui dengan informasi gambaran cara kerja perusahaan dalam jangka waktu selama 5 tahun lewat income statement, profitability, cash flow, growth, balance sheet, dan earnings.

8. Mirae Asset Sekuritas

Mirae-Asset-Sekuritas

Mirae Asset Sekuritas adalah aplikasi jual beli saham terbaik 2022 yang paling direkomendasikan. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1999 ini selalu berhasil meraih Top 3 Stock Exchange sebagai salah satu sekuritas terbaik di tanah air.

Layanan investasi yang diberikan untuk pengguna juga cukup lengkap, seperti obligasi, saham, dan investasi secara online lewat HOST dan Neo Hots Mobile. Meski begitu, Mirae Asset Sekuritas kurang bersahabat untuk pemula karena harus melakukan deposit dalam jumlah besar, yaitu Rp10 juta.

Hal tersebut sebenarnya bukan menjadi masalah besar karena sebanding dengan rendahnya fee untuk melakukan transaksi saham, yaitu 0,15% untuk fee beli dan 0,25% untuk jual. Untuk beragam fitur canggih yang disediakan adalah sebagai berikut ini:

  • Stok search
  • Real time market data
  • Order yang meliputi sell, buy, withdraw dan amend
  • Automatic order
  • GTC order
  • Fingerprint login
  • Real time analysis
Baca Juga  Aplikasi Vidnow, Aplikasi Penghasil Uang

9. IPOT

IPOT

Indo Premier Online Technology juga menjadi salah satu aplikasi saham yang tak kalah populer. Aplikasi IPOT dapat digunakan untuk investasi saham, reksadana dan ETF dengan menawarkan beragam fitur yang sangat lengkap.

Salah satu kelebihan yang dimiliki yaitu karena dilengkapi dengan Fund Evaluator dan Robo Trading yang dapat menjalankan proses jual beli saham secara otomatis, pastinya juga sesuai dengan harga yang sudah ditentukan.

Fasilitas ini sangat membantu pengguna agar tidak kehilangan momen penting saat melakukan perdagangan saham dengan harga yang diharapkan. Sebenarnya masih banyak keunggulan IPOT yang lainnya, antara lain yaitu:

  • Registrasi akun dilakukan melalui online tanpa harus tatap muka
  • Tidak ada batasan deposit
  • Tampilan user interface yang akan mudah untuk pemula
  • Charting Stock and Fund yang sangat lengkap

10. CGS-CIMB iTrade

CGS-CIMB-iTrade

Aplikasi CGS-CIMB iTrade merupakan aplikasi saham yang dirilis oleh PT CGS- CIMB Sekuritas Indonesia. Perlu diketahui bahwa riset yang dilakukan oleh perusahaan ini tidak hanya meliputi saham individual saja, tapi juga termasuk riset ekonomi dan berbagai macam sektor yang tersedia.

Jika ingin menjadi nasabahnya, maka diharuskan untuk melakukan deposit awal sebesar Rp1juta dengan fee jual sebesar 0,27% dan fee beli 0,18%. Selain itu, hanya menyediakan akun konvensional saja dan tidak akun jenis syariah.

Namun terdapat fitur terbaru yaitu Smart Order baik itu sell order ataupun buy order. Khusus dalam sell smart order hanya tersedia dalam satu pilihan yakni buyback, yang dimana ada dua macam penentuan harga seperti harga yang sudah ditentukan dan order yang masuk dengan best offer.

Sedangkan dalam buy smart order, ada dua macam pilihan yang disediakan, seperti:

  • Stop Loss, merupakan fitur untuk menjaga order yang didapatkan agar bisa dijual kembali dengan kerugian yang sudah ditentukan dan berlaku dalam jangka waktu satu hari.
  • Take Profit, merupakan fitur untuk menjaga order yang berhasil didapatkan agar bisa dijual kembali dengan jumlah keuntungan yang ditentukan sebelumnya dan berlaku dalam jangka waktu satu hari.

Kesimpulan

Kumpulan aplikasi saham di atas bisa dijadikan sebagai pilihan tepat untuk melakukan transaksi aman karena sudah tersertifikasi OJK. Masing-masing aplikasi mempunyai kelebihan tersendiri sehingga dapat dipilih sesuai keinginan.