Contoh Cerpen Singkat dan Panjang Persahabatan

Contoh Cerpen – Pengertian Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Contoh Cerpen merupakan suatu bentuk prosa naratif fiktif. Biasanya cerpen cenderung ditujukan langsung pada tujuan pembahasan dibandingkan dengan karya fiksi lainnya.

Contoh Cerpen juga termasuk karya tulis yang menceritakan sebuah kehidupan seseorang dengan singkat, ringkas, padat dan mengandung pesan yang akan disampaikan oleh penulis kepada pembaca. Artinya adalah, para pecinta cerpen bisa membaca sebuah cerpen dalam waktu yang tidak terlalu lama atau berlarut-larut.

Berbeda dengan sebuah novel yang mana memiliki berbagai problematika yang dibahas dan memakan waktu berjam-jam atau beberapa hari untuk menyelesaikannya.

Contoh Cerpen Persahabatan

contoh cerpen

Aku memiliki sahabat mereka riza, muna, dan dewi. Pada suatu hari kami didalam kelas setelah bel jam pergantian pelajaran berbunyi kami ngobrol sementara, dewi dan muna selalu ngomongin cowok sampai-sampai riza jengkel dengan mereka taulah sifat riza ia tak suka mikirin pacaran apa lagi cowok, diantara kami berempat yang masih lajang aku dan riza, dan muna, dewi sudah punya pacar dan sudah beberapa kali ia putus jadian dengan cowok yang berbeda.

“mun tau gak cowok gue itu ganteng banget” kata dewi
“kalau gue biar pu n kurang ganteng tapi kaya lho”sahut muna
“hello jadi kita gak dianggap nih?”tanya riza
aku hanya diam saja

“emang kenapa sih riz?, coment aja, bilang aja elo sirik”kata muna
“oh ya?, dew!, pacar elo itu yang keberapa?”rindir riza
“apa elo bilang?”kata dewi

tiba-tiba guru masuk
“selamat siang!”kata guru
kami pun bubar dan menun da percakapan kami.

Setelah kejadian itu hubunga kami semakin buyar, biasanya kami menyantap makan siang bersama kini hanya kita aku dan riza, sedangkan muna dan dewi makan siang dengan cowok paling ganteng mereka

“riz kelihatanya jarak kita semakin jauh”kataku
“biarkan saja mereka, ir makasih ya elo masih mau denganku!”katanya sambil matanya berkaca
Aku pun memeluknya

Hingga pada suatu hari muna diduakan oleh cowoknya, dan dia minta tolong kami
“plizz, bantu gue ya!”kata muna
riza diamsaja dan meninggalkan kami begitu saja
“riz!,”kata muna

Akupun menjelaskan alasan kenapa riza tidak menjawabnya
“mun asal elo tau kenapa riza tidak menjawab permintaan elo, elo pikir ya!, elo telah menyakiti gue dan riza, gue masih bisa memaafkan elo tapi riza?, gue saranin elo harus minta maaf dengan riza, pikirkan itu!”kataku

Aku pun meninggalkanya, dan air mata muna yang semakin deras keluar.

Setelah itu muna mencoba untuk minta maaf kepada riza,
“riz!, maafin ya?”kata muna
“elo minta maaf?, apa tujuan elo?”kata riza
aku berusaha untuk membujuk riza agar ia mau untuk maafin muna,
“riz maafin ya?, gue yakin muna minta maaf hanya untuk kembalinya persahabatan kita yang dulu”kataku
“bener begitu mun?”tanya riza muna pun mengangguk mantap dengan mata berkaca, merereka berpelukan aku pun ikut terharu dengan kejadian itu.

Setelah kejadian itu kami semakin dekat, pada suatu hari teman sekelas kami yaitu ifa ia mengirim pesan singkat yang berisi tentang dewi sahabat kami, membutuhkan do’a dari kami semua untuk kesembuhanya dari penyakitnya yaitu kelainan saraf otak, kami pun kaget, keesokan harinya kelas kami ramai dengan suara tangisan,

“riz maafin gue!, gue salah telah mengingkari janji kita untuk menjadi sahabat slamanya”kata dewi
“iya wi!, gue maafin”kata riza
“nah ginilah yang gue mau”kataku

kamipun berpegang tangan dan saling bersumpah untuk menjadi sahabat selamanya
“Kami berjanji untuk menjadi sahabat untuk selama-lamanya”kata kami bersamaan, tiba-tiba tawa kami meledak bersamaan.

 

Contoh Cerpen Pendidikan

Pak Tani dan Ladangnya

Di suatu hari yang amat cerah, Pak Tani sedang menggarap sawahnya untuk ditanami jagung dan umbi-umbian lainnya. Dengan hati riang, Pak Tani mulai menanam bibit-bibitnya, berharap esok-esok cepat tumbuh sehingga bisa cepat dijual.

“Semoga tidak lebih dari dua minggu, bibit-bibit ini sudah tumbuh dengan baik. Uang hasil menjual hasil panen kali ini akan aku belikan sebuah sepeda untuk anakku” ujar Pak Tani sambil bersiul-siul dengan wajah yang ceria kargo.

Hari demi hari mulai terlewati. Pak Tani merawat ladangnya denghan baik hingga semua tanaman mulai berbuah.

“Wah tanamanku sudah mulai berbuah, akan aku panen esok hari, saat ini biarlah aku menikmati hari yang cerah bersama hasil ladangku yang banyak” ucap Pak Tani dalam hati, seraya mengambil pacul dan peralatan lainnya untuk pulang.

Malam harinya, tikus yang suka mencuri makanan datang ke ladang Pak Tani.

“Hmmm, wangi makanan di ladang ini membuatku lapar. Aku akan mengajak teman-temanku untuk berpesta disini” Lalu si tikus memanggil teman-temannya untuk datang ke ladang. Dalam sekejap, setengah hasil ladang Pak Tani sudah habis dimakan oleh tikus. Dan tikus-tikus itupun pergi setelah merasa kenyang.

Esok harinya, Pak Tani datang ke ladang, bersiap-siap untuk memanen. Alangkah terkejutnya Pak tani melihat ladangnya sudah berantakan.

“Apa-apaan ini! Mengapa hasil ladangku hampir habis dimakan hewan?! Lihat saja, akan aku balas mereka semua!”

Pak Tani sangat marah, ia lalu menaruh jerat-jerat di sekitar ladang agar tikus-tikus yang datang tidak akan pernah bisa masuk ke ladangnya lagi.

“Rasakan tikus-tikus nakal! Espok pagi akan aku tangkap mereka semua!” ujar Pak Tani menahan amarah.

“Ah, aku lelah sekali siang ini. Tenagaku habis untuk memasang jerat-jerat ini. Esok saja lah aku lanjutkan memanen hasil ladang yang tersisa. Biar saja malam ini tikus-tikus itu merasakan akibatnya”

Setelah pak tani pergi, sekawanan burung terbang melewati ladang Pak tani. Burung-burung itu melihat masih ada banyak buah yang bisa dimakan.

“Wah rupanya tikus tidak menghabiskan isi ladang ini semalam. Ayo teman-teman, kita isi perut kita agar tak kelaparan di perjalanan.” Ajak si burung kepada kawanan burung lainnya.

Dan dalam waktu yang singkat, ladang Pak Tani sudah semakin berantakan oleh kawanan burung itu. Sekarang bahkan tidak ada lagi yang bisa dipanen oleh Pak Tani.

“Sepertinya Pak Tani harus belajar untuk tidak pernah menunda pekerjaan” ucap tikus dan burung seraya tertawa meninggalkan ladang Pak Tani.

Contoh Cerpen Persahabatan Sejati

Ga banyak yang bisa gua lakuin di sini….. Semua terasa ga berguna bagi gua, hmm apalagi gua, terasa sangat ga berguna buat semua.
Hidup gua terasa sangat hampa, “monoton” kalo kata temen gue bilang. Well, malem ini… Kaya malem-malem sebelumnya, semenjak gua belajar megang gitar, gua selalu ngebayangin kalo gua bisa mainin ni gitar di depan temen-temen deket gua, cewe-cewe d kelas gua, temen-temen satu sekolah yang kenal ataupun belum mengenal gua, ampe semua orang di luar sana yang sama sekali belum pernah ngeliat gua… Dan khusus yang satu itu, kenalin.. Nama gua.. Dega a.k.a.. D_GhooL. Kenapa? Aneh? Heh.. ga usah sambil monyong gitu bacanya. Sini gua jelasin..

Kalo ditranskripsi secara fonetis, {dghool} menjadi [d?gul] bukan [d?gol]. Jadi, bacanya pake fonem /u/ bukan /o/. Jadi lo lo semua ga perlu sampe monyong kaya manggil bemo, ngerti..?!

Nah kembali ke topik.. Seperti yang udah gua bilang tadi, bahwasanya setiap malam gua selalu ngebayangin jadi rockstar. Yea yea yea.. Kenapa gua bilang tiap malem..? Ya karena ampe malem ini gua belum bisa ngerasain, apalagi bener-bener menjadi seorang bintang rock. Hmm

Eits, tunggu.. Gua ini cuma salah satu dari berjuta pemimpi di dunia ini.. Dan di daerah tempat gua tinggal, ngejoglog segelintir orang kaya gua, segelintir pemimpi. Kenapa gua bilang gitu? Karena ga dikit di tempat gua ini yang idupnya ga lebih beruntung dari gua.. Dan kalo gua potong lagi segelintir pemimpi di tempat gua tadi menjadi sekelompok pemimpi, itulah kelompak gua.

Selain gua, adalah temen deket gua, Ave. Ga jauh berbeda dengan gua, malah lebih parah kali. Karena dia adalah salah satu orang yang bikin gua mempertahankan mimpi gua dan merupakan pengaruh terbesar dalam kelompok gua ini. Kenapa bisa gitu?? Gua juga ga ngerti, tapi yang gua tahu dia punya mimpi yang tinggi yang dia digantungin di atas langit. Yea.. mungkin karena mimpinya yang lebih tinggi dari puncak himalaya itu kali ya, yang ngebuat dia jadi kaya gitu.

Tapi ada benernya juga sih yang dipikirin sama dia, intinya adalah memperjuangkan apa yang jadi harapan kita, Mungkin agak sedikit gila kali ya.. kenapa, karna bermimpi menjadi Rockstar yang sukses, sementara kita berada di dalam kenyataan yang bisa dibilang bertolak belakang, it’s really difficult to accepted.. tapi gue gak bisa nyangkal bahwa semua mimpi itu selalu ada di ruang yang berbeda di dalam diri Gue. Di ruangan khusus yang udah di kunci rapet-rapet dimana ga ada seorang pun atau hal apapun yang bisa ngeganggu..—Hati. Dan gua yakin suatu saat gua bisa nemuin kunci itu dan ngebuka ruang di hati gua itu untuk ngedapetin apa yang ada di dalemnya.. ya.. mimpi gua.

Gue sadar setiap perjuangan pasti akan ada kendalanya, dan takterkecuali dengan perjuangan Gue. Yaitu, memperjuangkan mimpi gue agar gue dapat meraihnya kelak. Kalo kata peribahasa sih.. Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Hmmmm dari sejak gua sekolah dasar kali gua denger tu peribahasa, tapi baru belakangan ini gua ngerasain bener-bener makna yang ada di dalamnya.. Kemana aja gua ya..? Mungkin mimpi inilah jalan kedewasaan gua ya.. sekarang gua bener-bener ngerti kalo semua ini sangat berarti buat gua.

Jengjengjeng.

Tibalah gua di sini. Di mana gua bisa mencapai mimpi-mimpi dan cita-cita gua. I don’t know, but.. yea setidaknya dalam bayangan dan imaji gua, di sinilah tempat yang paling bisa buat gua jadiin pelarian. Hmm pelarian yaa – -“.. Mungkin kata yang kurang pas, tapi tetap aja sekilas gua terpikir seperti itu. Lari dari orang-orang yang ga peduli ma gua, orang-orang yang ga percaya ma gua, orang-orang yang ga suka ma gua, dan yang paling penting orang-orang yang benci ma gua dan yang gua benci tentunya.


Saat ini gua tengah belajar di salah satu perguruan tinggi yang lumayan terkenal yang berada di kota kembang. Suka ngga suka sih sebenernya. Gua ngerasa salah jurusan.. mahasiswa mana yang ngga boring sampe ubun-ubun kepala kalo ngerasa dirinya salah jurusan? Harus belajar bertahun-tahun mempelajari ilmu yang dia tidak minati. Tinggal bertahun-tahun di kota lain untuk mempelajari ilmu yang tidak diminati dan yang paling ngga banget adalah ngabis-ngabisin duit ortu dan ngabisin waktu.. aaaah ironisss!

Oke, jalan satu-satunya yang emang paling masuk akal adalah belajar mencintai ilmu tersebut. Sama seperti jatuh cinta kepada sesama manusia. Mungkin kepada ilmu yang gua pelajari ini gua ngga ditakdirkan untuk jatuh cinta pada pandangan pertama. Mungkin setelah beberapa bulan atau beberapa semester karena sering ketemu dan bertatap mata dengan halaman demi halaman buku-buku kuliah dan dosen-dosen yang Mpunya ilmu tersebut, gua bisa jatuh cinta.

“Woy! Bengong aja lo..”
“Eeeeee ee eeeh.. sialan lu.. jatoh kan kertas gue!”
“Hahaha hampura atuh kangmas..”
“Aah dasar medok lu.. Jawa ya jawa aja.. ga usah ngimpi jadi sinden kembang boled segala lu..”
“Kembang mboled? Apaan? Kembang ndesa sih gue tau Gul.”
“Bhahaha.. Jawir.. jawir.. Udah hampir setahun di Bandung masih medok aja lu. Cari cewe pribumi sono! Minta diajarin bahasa sunda.”
“Emm bener juga kamu yah.. Udah pertengahan semester 2 gini.. Aku belum bisa ngobrol pake bahasa sunda.”
“Tapi udahlah.. lama-lama juga bisa ko. Gua juga bisa ngomong sunda karena emang udah biasa dari kecil..”
“Oh.. Eh ngomong-ngomong tu kertas apaan Gul?”
“Apa? Ini? Ini poster Ten..”
“Poster apaan?”
“Festival..”
“Festival apaan?”
“Band..”
“Band apaan?”
“Band.. Alaah banyak nanya lu!”
“Hehehe.. Ko pake pusing segala sih?”
“Hmmmmmm..”
“Bro?”
“…….”
“Ahh.. cerita dong sama gue.. kaya habis ngehamilin anak orang aja lu pake rahasia-rahasiaan segala..”
“Sialan lu.. hmmmm.. oke. Ten, lu tau kan minggu depan ada ulangannya Pak Bas?”
“Minggu depan?”
“Tanggal 16!”
“Oh iyah.. memangnya kenapa?”
“Nah.. lu juga tau kan kalo penilaian Pak Baskoro itu paling gede dan paling nentuin adalah di ulangan ahirnya?”
“Iyah iyah.. terus kenapa?”
“hhhh.. ni poster.. festival band.. tanggal 16. Lu ngerti kan?”
“Lu mau ikutan?
“Banget..”
“Terus ulangan lu gimana?”
“Itu dia yang bikin gua pusing Ten..”


Hidup memang selalu begitu. Selalu ada pilihan. Karena memang kita bertahan hidup itu juga adalah sebuah pilihan yang kita ambil. Bisa saja kita memilih tidak hidup. Bisa saja kita mengahiri hidup. Itu adalah pilihan. Hidup atau mati. Memang sudah ada takdir kita yang berjajar di depan. Tapi, manusia tetap masih memiliki kebebasan untuk memilih. Yang bisa dilakukan jika dihadapkan pada dua pilihan adalah mengandalkan intuisi. Mempertimbangkan pilihan manakah yang paling bisa mendatangkan keuntungan. Di sini, detik ini.. Gua sedang ada dalam situasi tersebut. Kedua pilihan itu memang memiliki tujuan berbeda. Tapi sama pentingnya. Festival itu mimpi gue.. gue harus ikut! Tapi.. gimana ulangannya? gimana nilai gue? gimana ortu gue? aah..

16 Agustus.

“Dega? Kamu sakit?” Tanya Baskoro.
“Mmm.. ehh.. tidak pak..”
“Knapa muka kamu ditekuk seperti itu? Ini soal dan lembar jawabannya. Kerjakan dengan baik.”
“Iyah terima kasih pak.”

Gua langsung duduk di kursi paling belakang. Gila, ni soal ulangan bahasa indonesia ko tiba-tiba tulisannya jadi kaya huruf arab begini? Aahhh.. Harusnya gua sekarang lagi megang lirik sama kord lagu, bukannya soal sama lembar jawaban.. harusnya gua sekarang lagi megang gitar sama mic, bukannya pulpen sama tip-x. Degggggg! Tiba-tiba gua keinget seseorang. Ada bayangan.. Ibu.. Sedetik napas gua sesak. Gua langsung keinget sama pesannya sebelum gua kuliah dulu. “ A.. sing getol kuliahna nya a. Keun bae, wios ulah mikiran biaya na. Keun weh ku si bapak sareng mamah. Aa mah diajar weh nu getol. Sing jadi conto pikeun si neng..”1 Hhhhhhh. Sejenak gua tertunduk. Huruf-huruf arab yang ada di soal gue perlahan bertransformasi menjadi huruf alfabet bahasa indonesia. Otak gua mulai jalan.. Nah, sekaranglah saatnya.. Nyontek!. Ampun dehh! Kirain beneran mau mikir lo Gul!

Di kelas. Matakuliah Morfologi..

Kursi ini udah kaya ada lemnya. Dari tadi sambil nunggu dosen pantat gua ga ngangkat satu centipun dari dari ni kursi. Gila.. masih kepikiran aja gua sama festival. Gua ngiler setengah mampus ngebayangin gua naik panggung. Gua denger tepuk tangan penonton. Lampu spotlight nyenterin gua. Ada angin yang niup-niup rambut gua.. terus—…” “Perhatian!” Anjrit.. siapa tuh?! Deni, ketua kelas gua tiba-tiba ngomong di depan. Sialan lu Den.. gua lagi ngehayal maen bangunin aja!

“Kawan-kawan mohon perhatiannya sebentar.” Mahasiswa-mahasiswa di kelas itu langsung menaruh perhatian. “Hari ini ada mahasiswa baru pindahan dari Jakarta. Dia masuk kelas kita. Gua juga ga ngerti sih kenapa bisa diizinin, padahal udah deket sama ahir semester. Tapi ya secara otomatis, dia sekarang resmi terdaftar sebagai anggota kelas kita.” Beberapa mahasiswa mengamati rekan baru mereka tersebut dari ujung rambut sampe ujung kaki. Tapi lebih banyak yang tidak mempedulikan. Dan gue.. Gue masih sibuk ngehayal, oke?! Gue lagi bawain lagunya Escape The Fate – Gorgeous Nightmare.

“Is it the way that you talk
That’s causing me to freak?
Is it the way that you laugh
That’s making my heart beat?
Is it the way that you kiss?
It’s gotta be the way that you taste, you taste, you taste, you taste

You’re such a gorgeous nightmare
Old habits never seem to go away
You make me feel brand new yeah
We resurrect it’s like I’ve come back to life
I feel so alive
I feel so—……” “Oh ya kawan-kawan..” Aaa.. anjrit! Hhh ni orang ga boleh liat gua seneng dikit apa?!!

“Tadi saya mendapat pesan dari Pak Bagus, kita disuruh melanjutkan sendiri diskusi kelompok kita yang minggu lalu. Hari ini beliau berhalangan hadir. Terima kasih.”

Ajritlah tuh dosen.. tau gini gua langsung cabut ke tempat festival dari habis ulangan.. Sekarang kan hampir selesai kali tu acara.. aaaahhhh!

“Sorry..” tiba-tiba mahasiswa baru yang dikenalin tadi ngedatengin terus nyapa gue.
“Apa?” Jawab gue datar karena masih kesel dan ga mau diganggu.
“Gue Yogi, nama lu siapa?”
“Dega.”
“Sorry kayaknya gue ganggu nih”
Mendengar kalimat tersebut gue langsung tersadar bahwa gue udah bersikap kasar sama mahasiswa baru di depan gue ini.
“Ehh.. Nyantai aja bro.. Cuma ya gitulah, biasa.. ada masalah dikit” Kata gua sambil melempar sedikit senyum.
“Oh, kirain.. hehe..”
Dari tampangnya kayaknya anak baik-baik nih..
“Masalah apa sih kalo boleh tau? Masalah diskusi kelompok yang tadi diumumin yah?”
“Hahaha.. boro-boro. Ga penting.”
“Loh.. setau gue tugas dari dosen itu selalu penting buat mahasiswa.”
“Iya, itu buat lo.. mahasiswa yang emang bener-bener mahasiswa.”
“Maksudnya? Lo juga mahasiswa kan? Lo kuliah di sini kan?”
“Iya.. maksud gua, penting buat mahasiswa yang emang bener-bener udah pada tempatnya. Udah duduk di bus tujuan mereka masing-masing yang memang mereka inginkan.”
“Maksudnya?”
“Gue ga niat kuliah di sini.”
“Ga suka sama universitasnya?”
“Bukan. Jurusannya..”
“Ohh.. I see. Kalo lu ga suka sama jurusan bahasa dan sastra indonesia, terus lu sebenernya sukanya apa?”
“Gue lebih seneng musik.”
“Terus kenapa lu masuk sini? Orang tua?”
“Iya bro.. biasalah..”
“Lu suka musik?”
“Gitu deh..”
“Suka bikin lagu?”
“Suka”
“Puisi?”
“Emmm.. lumayan.”
“Gue heran. Kenapa lo ngerasa salah jurusan?”
“Gue kan udah bilang, kalo gue lebih seneng musik.”
“Iya. Terus kenapa? Is there something terrible? Lu suka bikin puisi, bikin lirik lagu, bikin musiknya. Itu sama sekali tidak bertolak belakang man.”
“Maksud lo?”
“Come on. Sastra bahasa indonesia dan musik itu sama-sama seni. Bisa saling mendukung man. Sebuah lagu itu, kekuatannya bukan hanya pada musik, tapi juga pada maknanya bro. Dan di situlah kemampuan sastra seorang musisi dapat dinilai. Alat musik ibarat pena. Lirik itu ibarat puisi. Dan musisi ibarat penyair. Inget itu bro..”
Tiba-tiba ada suatu kehangatan menyundut dada gua setelah mendengarkan kata-kata dari orang yang baru gua kenal ini.
“Iya sih, lu bener bro. Kayanya lu juga tau banyak tentang musik yah?”
“Gitu deh.. bokap gua kan produser rekaman gitu. Ya sengaja atau ga sengaja, gue tau dikit-dikit tentang musik.”
“Wow”
“Kenapa?”
“Engga..”
“Eh lu mau ga ketemu sama bokap gue? Pasti kalian nyambung. Dan…. siapa tau lu bisa diorbitin sama dia.. hehe.”
“Ah bisa aja loh haha.”
“Mau ga?”
“Eh iya mau mau, mau banget.. Oops.. hehehehe.”

Lu tau bro? Besoknya gua langsung ketemu sama bokapnya Yogi. Setelah satu minggu gua ngobrol sambil pedekate.. hehe, Pak Santo nyuruh gua bikin demo lagu. Jeng jengg.. Rasanya kaya ketiban duren mengkel tau ga lo hahaha.. Langsung deh gue calling temen gue, Ave. Buat bantuin bikin sekaligus ngaransemen lagu. Nah, lagu itu yang dibikin demo dan gue kasih ke Pak Santo. Dan lu tau bro? Rasanya kaya ketiban duren mengkel segede nangka dan bijinya emas asli semua. Demo lagu kita diterima dan.. ehem ehem.. Kita masuk dapur rekaman bro! – Contoh Cerpen Persahabatan

Penutup

Demikian sekilas ulasan tentang Contoh Cerpen Persahabatan yang bisa anda jadikan referensi. Sumber : Pakar SEO https://cargoo.id/

10 Contoh Surat Pribadi Singkat & Panjang Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris Selamat datang di setelah kemaren kita membahas tentang kumpulan contoh surat dirasa kurang lengkap maka mimin menambahkan lagi tentang contoh surat pribadi seperti di bawah ini, silahkan menyimak ..

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk menyampaikan berita atau informasi yang dibuat dan dikirim oleh seseorang secara personal. Biasanya surat pribadi tidak bersifat resmi dan menggunakan bahasa sehari – hari tentang masalah sehari – hari kunci gitar buih jadi permadani. Berikut beberapa contoh surat pribadi:

Contoh surat pribadi singkat & panjang

Di bawah ini adalah kumpulan contoh surat pribadi yang baik dan benar, yang dapat kamu jadikan sebagai referensi dalam membuat surat pribadi baik dalam bahasa inggris maupun bahasa jawa..

Contoh surat pribadi untuk kakak dalam bahasa inggris

September 15th, 2018

Dear, my sister Rosiana

Hi, I hope you are in the best condition. I am doing fine here, it has been a while since we met in our summer holiday 6 months ago. I know we both can communicate via whatsapp, you can call me cheesy, Rose. However, I thought of writing a few lines would sounds cool and classic. You know I like classic.

I just got back from my vacation in Bali and had a great time, I am sure mom has told you about this because I heard mom had a call with you 2 days ago. My friends and I had visited many beaches in Bali it was so fun. And I bought some Bali merchandises for you, don’t worry. Please come home soon, so I can quickly share those merchandises as I can’t wait to know how happy your face to get a gift from me.

Anyway, how’s your collage?. Mom told me you had a karate competition last week. Congratulation for your winning. You know, sometimes I miss those moments when you insist me and our parents to come to your competition to support you. But since you pursue education in another city, we can’t support you directly. Anyway, I miss you. Yes, you’ve read it right, I miss you sister.

Your littel sister,

Anya

Contoh surat pribadi singkat untuk teman/sahabat

contoh surat pribadi

Gambar diatas adalah salah satu contoh surat pribadi yang ditujukan kepada seorang sahabat atau teman. Karena ditujukan untuk teman, maka bahasa yang digunakan pun lebih santai da nisi surat menceritakan pengalaman pribadi.

Contoh surat wasiat pribadi singkat

surat wasiat sendiri merupakan pernyataan sah dimana penulis surat mengajukan beberapa orang untuk mengurus harta yang telah ditinggalkan ketika meninggal dunia. Berikut salah satu contoh surat wasiat pribadi

SURAT WASIAT

Pada hari Senin, 31 Januari 2018, saya:

Nama               : Alfan Alfian

Tempat/Tgl. Lahir : Banda Aceh, 21 Desember 1959

Pekerjaan                     : wiraswasta

Alamat: Jl. Gajah Mungkur, no. 34, Yogyakarta

Dalam keadaan sadar dan tak ada unsur paksaan dari pihak manapun untuk membuat surat wasiat atau surat keterangan penghibahan harta kepada anak – anak kandung saya, yaitu:

  1. Nur Wasilah
  2. Nurul Anindita

Melalui surat ini saya menyatakan bahwa saya telah menyerahkan sebagian harta kepada anak – anak saya yang tersebut diatas. Adapun harta yang saya maksud adalah sebuah rumah yang saya tinggali sekarang dan seluruh asset perusahaan milik saya pribadi. Setelah saya meninggal, harta tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan hutang piutang saya, kemudian 20% diwakafkan dan sisanya dibagikan rata untuk kedua anak saya tersebut.

Demikian surat wasiat hibah harta ini yang saya buat sebenar – benarnya dan disaksikan oleh saksi yang dapat saya percaya.

Yogyakarta,31 Januari 2018,

Yang berwasiat

Alfan Alfian

Saksi – saksi:

  1. Ainur Yaqin selaku kakak kandung saya ( )
  2. Lina Marlina selaku kakak kandung saya ( )

Contoh surat pribadi untuk orang tua pendek

Surat yang ditujukan untuk orang tua tentu menggunakan bahasa yang berbeda dengan bahasa yang dipakai untuk orang tua. Meskipun dengan kakak kandung, berbicara dengan orang tua tentunya memilih menggunakan bahasa yang lebih santun seperti isi surat di atas.

Contoh surat pribadi untuk ibu resmi dalam bahasa inggris

Lewat surat, kerinduan seseorang dapat tersalurkan meski komunikasi ini bukan komunikasi dua arah secara langsung. Namun dengan menuliskan surat, cerita mengenai kondisi sehari – hari dengan orang terdekat termasuk keluarga pun bisa menjadi hal yang menyenangkan seperti isi surat di atas.

Contoh surat pribadi untuk surat dinas

Sekolah Menengah Pertama Negeri 30
Jalan Veteran Nomor 102 Makassar

15 Januari 2017
Hal: Ucapan Terima Kasih
Yth. Pimpinan Museum Hasanuddin
Makassar

Dengan hormat,
Kami mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan dan layanan pihak Museum Hasanuddin Makassar kepada siswa SMPN 30 untuk kegiatan karya wisata minggu lalu. Kami sangat berterima kasih atas waktu dan kesabaran menjawab semua pertanyaan siswa kami, dan kesibukan atas kunjungan kami.
untuk itu kami menyatakan bahwa keluarga besar SMPN 30 merasa puas atas kunjungan ke Museum Hasanuddin Makassar. Semoga kerja sama yang baik ini dapat dilanjutkan di waktu mendatang.

Hormat kami,
Kepala Sekolah

Diah Ayu, S.Pd.

Contoh surat pribadi untuk guru dalam bahasa inggris dan artinya

Dear, Ms. Sherina

My name is Wilson, one of student in your math class. I am writing few words for you because I would like to give deep appreciation and I am thankful that you gave me great ways to study math.

Best Regards,

Wilson, 6th grade.


Yang terhormat, Bu Sherina.

Nama saya Wilson, salah satu murid di kelas Matematika anda. Saya menuliskan surat ini karena ingin menyampaikan apresiasi dan terimakasih sebesar – besarnya karena anda telah memberiku cara belajar Matematika dengan cara yang hebat.

Salam hangat,

Wilson, Kelas 6.

Contoh surat pribadi kepada saudara

Gambar diatas adalah salah satu contoh surat pribadi untuk saudara. Karena sifatnya bukan resmi, maka bisa ditulis menggunakan tangan dan dapat menggunakan bahasa yang ringan dan santai.

Contoh surat pribadi bahasa jawa buat teman pakde

Kagem Pakde Santoso

Wonten ing Yogyakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kadus pundi kabaripun jenengan, Pakde? Menapa sae sedaya. Kulo sehat walafiat. Mugi – mugi kabaripun pakde nggih sami sehat walafuat.

Kanti serat, menika kula kepingin ngajak Pakde Santoso tindak dhateng Jatim Park, Malang. Pakde Santoso menapa kagungan wedal tindak dhateng Malang.

Kulo kinten cekap semanten rumiyin. Sames wedal dikpun sambung maneh.

Wassalamualaikum wr. Wb.

Sakaluwarga

Santi, ibu, bapak.

Contoh surat pribadi bahasa inggris tentang ulang tahun

Gambar diatas adalah salah satu contoh surat pribadi tentang ajakan untuk datang ke pesta ulang tahun kargo.

Demikianlah yang dapat kami tuliskan tentang contoh surat pribadi singkat, bahasa inggris dan artinya meliputi surat pribadi wasiat, ulang tahun, surat resmi semoga dapat bermanfaat bagi kita semua aminn…Quiz

Baca Juga : Al Quran Online Digital

12+ Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran Barang adalah surat yang dimaksudkan untuk menawarkan produk berupa barang atau jasa kepada perusahaan yang kemungkinan besar membutuhkan barang dan jasa tersebut.

Berikut seperti contoh surat penawaran barang yang akan kita bahas seperti di bawah ini

berikut beberapa contoh surat penawaran barang dan jasa yang dapat kamu jadikan sebagai sumber referensi dalam membuat surat penawaran yang baik dan benar ..

contoh surat penawaran barang

Contoh Surat Penawaran Barang Singkat

surat penawaran barang berisi tawaran kerjasama untuk menyediakan barang kepada perusahaan yang dibutuhkan.

PT ABADI SELALU
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
JAKARTA SELATAN

====================================================================

10 September 2016

Nomer : 11/12/XII/2016
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Surya Jaya
Jl. Pattimura No. 3
Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami.

Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara.

Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2016. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT Abadi Selalu

Joko Siswono
Marketing manager

Contoh Surat Penawaran harga jasa

surat penawaran harga jasa, terdapat 3 bagian utama yaitu paragraf satu berisi pemberitahuan produk yang dimiliki, isi surat berisi informasi lengkap dan detail tentang produk yang ditawarkan, serta paragraph penutup berisi himbauan dan ajakan untuk bekerja sama. Berikut salah satu contoh surat penawaran harga jasa:

Surabaya, 13 April 2018

Kepada

Yth. Manajer General Affair

  1. Super Indo

Jl. A. Yani no.30

Surabaya.

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami dari perusahaan PT Sinar Bahasa yang bekerja di bidang penyedia jasa pelatihan English Business.

Menurut informasi yang kami dapat, PT. Super Indo adalah perusahaan property yang sedang berkembang pesat dan telah memiliki banyak klien dari berbagai daerah hingga mancanegara. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk jasa yang dapat memudahkan dan melancarkan komunikasi antara perusahaan anda dengan klien dari mancanegara, karena visi kami adalah membantu usaha anda dalam menerapkan bahasa dan metode English Business agar bisnis anda semakin berkembang. Bersama surat ini, kami melampirkan daftar jasa dan harganya.

Jika perusahaan anda membutuhkan layanan kami, maka kami langsung dapat dihubungi melalui 0341-98650.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

PT. Sinar Bahasa

Handi Saputra

Manajer Marketing

Contoh Surat Penawaran kerjasama

sesuai namanya, surat penawaran kerjasama merupakan surat yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menawarkan kerjasama berupa barang maupun jasa dengan perusahaan lainnya. Beberapa hal yang perlu dijelaskan di dalam surat ini adalah jenis usaha dan perusahaan penawar kerjasama, penjelasan bentuk kerjasama yang ditawarkan serta penjelasan kompensasi yang diterima pihak yang ditawari kerjasama.

Berikut salah satu contoh surat penawaran kerjasama:

KOP SURAT

alamat …..

SURAT PENAWARAN

No : –

Perihal :

Surat Penawaran

Lamp :

Bersama Surat ini, kami dari CV. Kartika Multi Dinamik Offset (MDO) ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam pengadaan sarana prasarana cetak & percetakan.

Adapun kami sendiri bergerak dibidang jual-beli mesin cetak, seperti yang kami tawarkan berikut ini : Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : MARTIN CHOIRUDIN

Alamat : Puri Gentan Asri I / B. II Solo

Telp. : 081 567 678 343

Selanjutnya disebut sebagai Pihak I (Penjual)

Nama : BP. FAJAR SADIQ

Alamat : Jl. Magan Lor 14 Jogyakarta

Telp. : 0274. 7830022 / HP. 081 22708943 Selanjutnya disebut sebagai Pihak II (pembeli) Pada hari Kamis, Tanggal 3 September 2009 kedua belah pihak sepakat melakukan transaksi dengan kesepakatan pembelian sarana percetakan antara lain “ No. Nama Barang Merk / Tipe Kondisi Unit Harga 1 Mesin Cetak Heidelberg Kor-D 2nd 2 Rp. 160.000.000,- 2 Mesin Potong Kertas RRT QZ 104 2nd 1 Rp. 47.500.000,- 3. Mesin Expose Plate Multi Dinamic New 1 Rp. 15.000.000,- Jumlah Dua ratus dua puluh dua juta lima ratus ribu rupiah Rp. 222.500.000,- Dengan kesepakatan Sebagai berikut : Pihak penjual bersedia & Menanggung biaya – biaya antara lain : Asuransi, Instalasi & Pemasangan, Training Mesin Pihak Penjual menjual mesin dalam keadaan layak pakai, dalam hal ini penjual menjamin kondisi mesin dalam keadaan register baik, test print lancar & Layak Cetak Penjual sanggup menyediakan training Operator min 3 hari max 1 minggu Penjual sanggup memberi jaminan / Garansi service selama 3 bulan setelah mesin di serah terimakan kepada pembeli. Adapun Pihak pembeli sepakat & Bersedia memenuhi pembayaran atau pembelian mesin – mesin tersebut dengan alur pembayaran : Pembayaran I sebagai tanda jadi Pembayaran II dilakukan 1 hari setelah penandatangan surat perjanjian jual beli. Sisa 10 % dibayarkan setelah mesin diangkat dan diserah terimakan Demikian Surat Kesepakatan ini dibuat & disetujui ke 2 Pihak sebagai pegangan & Acuan ke 2 belah pihak. Surabaya, 21 Januari 2009 Pihak Ke II (Bp. FAJAR) Pihak I (MARTIN)

Sumber: contohsuratmu

Contoh Surat Penawaran barang elektronik

surat penawaran barang elektronik merupakan surat yang dibuat oleh pemilik usaha penyedia barang elektronik berisi kerjasama penyediaan barang elektronik tersebut kepada instansi yang membutuhkan. Berikut salah satu contoh surat penawaran barang elektronik.

ELEKTRIK PRATAMA

Jl. HOS. Cokroaminoto No.25 Yogyakarta (0274) 562787

Yogyakarta, 2 Juni 2017

Nomor             : 15 / LJE / XI / 2017

Lampiran         :  –

Hal                   : Penawaran Barang Elektronik

Yth Bpk. Hendra W (Last Day Production)

Di Yogyakarta

Dengan hormat,

Kami dari CV.  ELEKTRIK PRATAMA, bermaksud untuk mengajukan penawaran barang kepada Bapak Nanang Suhendra selaku pemilik Last Day Production. Beberapa barang elektronik yang kami tawarkan diantaranya sebagai berikut :

Nama BarangMerkHarga (Rp)
PC All in OneLenovoRp. 7.200.000
ACLGRp. 3.500.000
Mesin cuciSHARPRp. 2.890.000
Home TheatreLGRp. 8.500.000

Adapun cara untuk pembayarannya dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Pembayaran juga dapat dicicil dengan ketentuan dengan adanya uang muka DP, pembayaran dapat dilakukan dengan 5 kali cicilan
  2. Pembayaran dapat melalui kartu kredit (BCA, BTN)
  3. Pembayaran dengan tunai

Sekian surat penawaran ini kami buat, kami berharap agar Bapak bisa bekerjasama dengan perusahaan kami.

Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terimakasih.

                                                                                                          Hormat saya,

                                                                                                           Hasan Utama, S.E.

                                                                                                           Marketing Manager

Contoh Surat Penawaran produk makanan catering

surat penawaran produk makanan atau catering merupakan surat yang berisi tawaran kerjasama untuk menyediakan produk berupa catering pada perusahaan atau instansi yang membutuhkan. Berikut salah satu contohnya.

Sumber: chicken-anti-galau

contoh surat penawaran negosiasi resmi

surat penawaran negosiasi berisi negosiasi yang dilakukan di dunia usaha oleh konsumen maupun produsen untuk mencapai suatu kesepakatan transaksi. Berikut salah satu contoh surat penawaran negosiasi.

Surabaya, 13 April 2018

Kepada

Yth. Manajer General Affair

  1. Super Indo

Jl. A. Yani no.30

Surabaya.

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami dari Penyedia Catering Cosmo Magic yang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan bapak sebagai penyedia Catering selama 2 tahun.

Sehubungan hal itu, kami memberikan negosiasi harga karena kenaikan beberapa bahan makanan pokok. Negosiasi harga yang kami tawarkan adalah kenaikan harga dari harga lama 500.000 menjadi harga baru yaitu 600.0000.

            Demikian surat penawaran negosiasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan banyak terimakasih.

Hormat kami,

Cosmo Magic Catering

Contoh Surat Penawaran barang furniture rumah

Berikut contoh penawaran barang furniture rumah.s

Jati Prima

Home and office furniture

Jl. Merpati no. 10, Sidoarjo – Indonesia

Nomor             : AJB/MRPT/SPB/07.08.18/Penawaran

Lampiran         :

Perihal             : Surat Penawaran Barang

Kepada Yth. Aji Santosa

Dengan hormat,

            Kami perusahaan bernama Jati Prima yang bergerak di bidang furniture rumah dan kantor ingin menawarkan produk kami untuk rumah kantor anda dengan harga dan kualitas yang bersaing. Produk kami berbahan baku kayu jati pilihan. Berikut produk yang kami tawarkan kepada anda:

  • kitchen set
  • meubel
  • almari desain kantor atau rumah
  • pintu jati solid
  • dan sebagainya

 besar harapan saya saudara tertarik dengan produk yang kami tawarkan dan kami juga memberikan diskon Cash by Delivery sebesar 10%. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat mengunjungi showroom kami di EXOTIX Jl. Merpati no. 10, Sidoarjo.

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Marketing Manajer

Teguh Suprapto, S. Pd

Contoh Surat Penawaran kerjasama dalam bahasa inggris

Surat penawaran kerjasama bahasa Inggris umumnya dipakai untuk menawarkan kerjasama dengan perusahaan asing. Penulisannya pun masih sama – sama formal dengan kop surat, nama dan nomor surat, pembuka, isi, dan penutup surat penawaran. Berikut salah satu contohnya,

Sumber: sharingkali

Contoh Surat Penawaran dan pemesanan

contoh surat penawaran dan pemesana dibuat oleh dua perusahaan yang saling membutuhkan kerjasama dalam penggunaan barang atau jasa yang telah ditawarkan salah satu pihak.

Berikut surat penawaran yang dilakukan perusahaan A,

Sumber: contoh surat indonesia

Sumber: contoh surat indonesia

Contoh Surat Penawaran produk sepatu

sesuai namanya, surat penawaran produk sepatu berisi penawaran produk sepatu dari penjual sepatu kepada perusahaan yang menginginkan sepatu tertentu untuk karyawannya atau sekadar menawarkan kerjasama jual beli sepatu pada umumnya. Berikut salah satu contohnya,

Sumber: sitihumaeroh13

Contoh Surat Penawaran mobil

surat penawaran mobil berisi tawaran kerjasama untuk menyediakan mobil bagi perusahaan. Berikut salah satu contohnya,

Sumber: contoh-surat

Contoh Surat Penawaran cake

AVE CAKE & BAKERY SNACK BOX

Nomor

Perihal

Lampiran

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami dari Ave cake & bakery snack box merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia jasa catering khusus kue sejak 2010.

Sehubungan dengan hal itu, kami memberikan penawaran kerjasama dalam penyediaan kue untuk keperluan berbagai acara di perusahaan anda seperti rapat dan gathering. Bersamaan dengan hadirnya surat ini, kami melampirkan informasi harga produk kami. Demikian surat penawaran kami ajukan, atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih.

Salam,

Nova Eliza,

Marketing DIrector

Penutup

Demikian Contoh Surat Penawaran Barang untuk kemudahan anda dalam berwirausaha.

Proses Pengolahan Kayu Menjadi Meja dan Kursi

bagaimana proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi– Pengrajin kayu adalah orang yang pekerjaanya membuat barang-barang yang berbahan dasar kayu. Beberapa barang yang dibuat oleh pengrajin kayu antara lain menja, kursi, lemari, dan masih banyak yang lainnya.

Pengrajin kayu termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang. Mereka mengolah kayu yang diambil dari hutan kemudian mengolahnya menjadi barang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Meja dan kursi yang digunakan siswa untuk belajar juga merupakan hasil produksi pengrajin kayu. Pengolahan kayu menjadi barang jadi memerlukan proses yang panjang.

Jenis sumber daya alam yang dimanfaatkan para pengrajin kayu adalah sumber daya alam kayu yang berasal dari tumbuhan. Kayu-kayu di hutan dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga.

Cara pengambilan kayu yang tidak benar sering menimbulkan kerusakan hutan. Kayu-kayu sering diperoleh dengan penebangan hutan secara liar. Penebangan tumbuhan di hutan tanpa pilih tentu akan menimbulkan dampak buruk.

Kayu tersebut ditebang menggunakan alat yaitu gergaji mesin. Berbeda dengan jaman dahulu penebangan masih menggunakan alat tradisional berupa kapak.

Pada kegiatan penebangan kayu harus diperhatikan juga kelestarian hutan. Penebangan kayu yang memperhatikan kelestarian hutan dapat dilakukan dengan cara pohon yang hendak ditebang seharusnya dipilih yang sudah berumur tua, dan penebangan hendaknya diiringi dengan penanaman hutan kembali atau reboisasi.

Kayu-kayu yang telah ditebang tersebut dipotong sesuai dengan ukuran tertentu. Alat yang digunakan masih sama yaitu gergaji mesin. Selain untuk memudahkan dalam proses pengangkutan kayu juga dipotong untuk diambil bagian kayu yang bagus.

Karena tidak semua kayu dapat dimanfaatkan, ada bagian kayu yang busuk dan berlobang, bagian ini harus dibuang karena tidak bisa dimanfaatkan. Biasanya kayu tersebut diperoleh dengan cara membeli kepada pemilik kayu.

Kayu kemudian diangkut menuju tempat yang dekat dengan jalan raya sehingga dapat diangkut menggunakan kendaraan. Biasanya kayu yang ditebang letaknya jauh dari jalan raya, orang yang bertugas mengangkut kayu ini dinamakan buruh angkut kayu.

Di tempat inilah kayu dibelah menjadi beberapa bagian. Ada kayu yang dibuat papan dan ada juga yang dibuat balok kayu dengan ukuran tertentu.

Proses pembelahan kayu menggunakan gergaji mesin sehingga proses pembelahan lebih cepat dan menghasilkan banyak kayu dalam waktu yang singkat.

Papan dan balok kayu hasil penggergajian ini biasanya dijual kepada para pengrajin kayu yang membutuhkan sebagai bahan pembuat meubelair.

Para pengrajin kayu membeli kayu dari pemilik penggergajian, mereka membeli kayu sesuai dengan barang yang akan dibuat.

Misanya untuk membuat sebuah meja maka dibutuhkan kayu berbentuk papan untuk bagian atas meja dan kayu berbentuk balok untuk bagian bawah meja.

Proses pembuatan meja dimulai dengan memotong kayu sesuai dengan ukuran meja yang akan dibuat menggunakan gergaji. Kayu yang telah dipotong tersebut dihaluskan menggunakan ketam yang menggunakan tenaga listrik.

Kayu tersebut juga dibuat lubang untuk menyatukan bagian-bagian meja yang akan dibuat. Bagian bagian tersebut disatukan menggunakan pasak kayu, paku, atau lem.

Meja yang sudah terbentuk dihaluskan untuk menghilangkan bagian yang kurang rajin menggunakan amplas.

7+ Contoh Naskah Drama Singkat Teater

Contoh Naskah Drama-Sewaktu di sekolah dasar kita sudah diajarkan untuk membuat dan mempraktekkannya di depan kelas, bukan? lalu drama seperti apa yang kalian pentaskan?

contoh naskah drama singkat
Contoh Naskah Drama Singkat

Drama yang baik pasti menggunakan yang namanya teks, karena tanpa teks drama yang kita buat tidak akan tertata dan bisa jadi akan tidak sesuai dengan yang kita harapkan.
Di bawah ini akan kami sajikan beberapa Contoh Naskah Drama singkat yang bisa membantu kalian untuk membuat drama.

Di bawah ini akan kami sajikan beberapa contoh teks drama singkat yang bisa membantu kalian untuk membuat drama.https://evanazka.com/contoh-desain-kartu-nama/

Contoh Teks Drama Singkat

Sebelum kita memberi contoh teks drama. Alangkah baiknya saat kita mengetahui, apakah drama itu. Drama adalah sebuah karya sastra yang ditulis dalam bentuk percakapan, dialog, atau obrolan yang nantinya akan dipentaskan atau dipertunjukkan di depan banyak orang. Drama juga disebut teater.https://evanazka.com/contoh-cerpen-singkat/

Drama yang baik memiliki Unsur-Unsur di dalamnya, seperti :

Memiliki tema atau ide pokok atau sebuah gagasan yang digunakan dalam drama.
b. Memiliki alur
c. Tokoh
d. Watak
e. Latar atau setting
f. Amanat

Berikut adalah beberapa contoh teks drama singkat:

1. Contoh Teks Drama Eksposisi

Contoh Naskah Drama-Eksposisi adalah bagian awal dari sebuah naskah drama yang menunjukkan ruang, waktu, karakter, suasana hati, dan tingkat kenyataan drama tersebut. Ada beberapa contoh yang harus diperhatikan ketika menulis bagian eksposisi dalam drama, diantaranya adalah:

Suatu ketika disaat keadilan sudah menjadi kata yang punah. Sedang diadakannya ujian semester. Adi dan Banu duduk sebangku, Sita dan Dini duduk sebangku di depannya, sedangkan Budi duduk sendiri disamping Banu.
Mata pelajaran yang sedang di ujiankan adalah matematika, semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Dan terjadi lah percakapan antara 5 sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita dan Dini.

Bandi: “Din, aku minta jawaban soal nomor 8 dan 9!”

Andini: “A dan D”

Ita: “kalau soal nomor 10,11 dan 15 jawabannya apa Ban?

Bandi: “10 A, 11 D, nomor 15 aku belum”

Adit: “Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar”

Ita: “soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan”

Mereka berempat saling contek-mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat santai dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.

Bandi: “Bud,kamu sudah selesai?”

Budi: “Belum, tinggal 4 soal lagi”

Badi: “Aku minta jawaban nomor 15 sampai 20 Bud!”

Budi: “Tidak Bisa Ban,”

Bandi: “Kenapa? Kita sahabat bud, kita harus kerjasama”

Andini: “Iya Bud, kita harus kerja sama”

Adit: “Iya, kamu kan yang paling pintar disini bud”

Budi: “tapi bukan kerjasama seperti ini teman-teman”

Ita: “Kenapa memang Bud? Hanya 5 soal saja!”

Budi: “Mencontek atau pun memberi contek adalah hal buruk, yang dosa nya sama. Aku tidak mau mencotek karena dosa, begitu pula member contek ke kalian. Aku minta maaf”

Ita: “Tapi saat ini, sangat mendesak Bud”

Andini: “Iya Bud, bantu kami”

Budi: “tetap tidak bisa”

Adit: “yaudah, biarkan. Urus saja dirimu sendiri Bud, dan kami urus diri kami sendiri.” (marah dan kesal)

Bandi: “biarkan, kita lihat di buku saja”

Bandi lalu mengeluarkan buku dari kolong bangkunya secara diam-diam, kemudian melihat rumus dan jawaban di dalamnya. Lalu Ita menanyakan hasilnya.

Ita: “Bagaimana Ban? Ada tidak?

Bandi: “ada, kalian dengar ya. 15 A, 16 D, 17 D, 18 B, 19 A, 20 C”

Karena suara Bandi yang agak terdengar keras, Guru pun mendengarnya dan menghampiri mereka berempat.

Guru: “Kalian ini, mencontek terus. Keluar kalian”

Mereka berempat di hukum di lapangan untuk menghormati tiang bendera.

Bandi: “Aku tidak menyangka akan seperti ini”

Andini: “Aku juga tidak menyangka, akan dihukum”

Ita: “Seharusnya kita belajar ya”

Adit: “Iya, Budi benar”

Bandi: “Disaat seperti ini, baru kita menyadarinya yah!”

Ita: “Aku menyesal!”

Adit,Andini&Bandi: “Aku juga” bersama

Setelah itu Budi keluar dari kelas dan menghampiri mereka. Kemudian Budi ikut berdiri hormat seperti yang lain.

Andini: “kenapa bud? Kamu di hukum juga?”

Budi: “Tidak, aku ingin menjalani hukuman kalian juga.
Kita sahabat kan? Aku ingin kita bersama”

Ita: “aku berharap ini menjadi pelajaran kita semua”

Andini: “dan tidak kita ulangi lagi”

Adit: “Kita sahabat sejati”
Lalu mereka semua menjalani hukuman dengan penuh senyum dan tawa. Persahabatan akan mengalahkan segala keburukan.

2. Contoh Teks Drama Monolog

Drama monolog merupakan pertunjukan teater yang hanya dimainkan oleh 1 orang saja ataupun dialog bisa saat adegan. Drama monolog ini biasanya dimainkan dalam pertunjukan teater atau seni. Teks drama monolog dibuat sebagai bekal bagi pemainnya untuk membawakan peran dan mengungkapkan pesan yang ingin disampaikan kepada penonton.

Berikut ini adalah contoh drama monolog:

karya: NANO RIANTIARNO

Jangan! Jangan tinggalkan saya! Tolong! Tolong! Tolong! Nyalakan lampu, saya takut gelap! Saya takut sendirian! Tolong! Jangan tinggalkan saya! Cahaya, saya butuh cahaya! Saya butuh terang! Tolong…….cahaya…….cahaya.

Hee……….. Ya! Masih ada. Kukira sudah pergi bersama yang lain-lain. He, aku senang kau masih ada. Di depan situ menatapku. Temanku Cuma kamu sekarang. Di sini pengap. Keringat tak henti-hentinya menyembul dari pori-pori kulit. Aku khawatir kalau persediaan air dalam tubuhku habis, pasti bukan keringat lagi yang keluar tapi darah. Dan kalau darah sudah habis……..

3. Contoh Teks Drama Modern

Drama modern atau drama kontemporer merupakan jenis pertunjukan yang menunjukkan gambaran kehidupan saat ini dengan berbagai masalah yang muncul. Ada banyak sekali tema drama modern yang bisa dipentaskan. Berikut ini salah satu contoh naskah drama teks drama modern dengan tema komedi ringan.

Penjelasan Karakter

Roy: Pintar, cerdik, pandai berkilah, dan pembohong berat.

Pak Asep: Guru yang tegas dan emosional

Rena: Suka penasaran dan cerewet

Zainal: Tidak terlalu pintar dan menonjol di sekolah.

Ririn: Pintar, rajin, baik hati

Dialog Contoh Naskah Drama

Di sebuah kelas SMA, hiduplah 4orang siswa yang sedang bahagia. Namun kondisi berubah ketika mereka mendapatkan kabar bahwa besok akan ujian.

Renas : Eh kalian udah belaja buat ulangan besok?

Robi : Belum

Zainal: Astaga, Innalillahi.

Renas : Apa? Kalau nilai ulangannnya jelek bisa dihukum.

Zainal: Paling-paling hukumannya juga cuma lari keliling lapangan bola 5 kali doang.

Renas : Bukan! Kali ini hukumannya serem, harus ikut pelajaran tambahan setiap pulang sekolah. Kamu sudah belajar Rin? (Melirik ke arah Ririn).

Ririn : Sudah dong, Ririn (sambil menunjuk-nunjuk bangga ke dirinya sendiri).

Singkat cerita, kemudian mereka bertaruh. Siapa yang nilai ujiannya paling besar, maka akan dianggap menang dan bisa memerintah orang yang kalah. Ririn berusaha keras untuk belajar, sedangkan Robi berjuang keras untuk membuat contekan di kertas kecil.

(Saat Ujian)

Pak Asep : Baik anak-anak, silahkan buka lembar soalnya sekarang!

Ririn : Bismillah.

Robi : Soal ini kan gampang sekali. Kalau gini kan gak akan ketahuan. (Sambil menempelkan kertas contekan di pungguh Pak Asep).

Pak Asep : Bapak keluar dulu, ingat jangan nyontek atau bertanya pada temannya ya. Dan satu lagi, jangan ribut. (keluar kelas).

Robi : Rencana B dimulai (menyilangkan kaki dan melihat kertas contekan di atas sepatunya).

Robi : Ah, bukan yang ini (bingung)

Robi : Ah yang ini nih! (sambil mengeluarkan kertas contekan dari dasi).

Robi : Selesai (sambil merebahkan diri di kursi, tersenyum puas sambil melirik teman-temannya yang lain belum selesai mengerjakan).

Akhirnya ulangan selesai, dan Pak Asep membagikan kertas hasil ujian kepada semua siswanya.

Pak Asep : Ini hasil ujian kalian (sambil membagikan kertas).

Ririn : Hore! Nilaiku 85 (tersenyum puas.

Zainal : Hahahaha, aku dapat 65. Lumayan ujian kemarin cuma 60.

Robi : Lhah Pak, kok nilai ujian saya cuma 50?

Pak Asep : Sebab soal nomor 11-20 di balik kertas gak kamu isi.

Robi : Apa? Masih ada soal lagi?

Ririn : Hahahaha, kamu kalah Roy! Dengan ini saya perintahkan kamu gak nyontek lagi waktu ujian! (sambil menunjuk-nunjuk Roy dengan tertawa lepas).

Pak Asep : Apa? Jadi kamu kemarin nyontek? Oke, kalau begitu nilai kamu saya kurangi 5 poin lagi!

Robi : Aduuuh, apes benar aku ini (mengucek-ngucek rambut)

Akhirnya, Robi menyadari kesalahannya dan berjuang keras untuk belajar. Dia tidak pernah menyontek saat ujian lagi

4. Contoh Naskah Drama Singkat Orang

Berikut ini adalah contoh teks drama singkat tentang orang

Judul : kepatuhan kepada orangtua.

Tema : sosial.

Jumlah pemeran : Drama 3 orang.

  1. Tomy
  2. Lisa
  3. Sinta

Sinopsis Contoh Naskah Drama

Tomy sedang ngobrol dengan Lisa disebuah taman yang tidak jauh dari rumah mereka. Tomy dan Lisa adalah dua remaja yang sangat patuh pada orangtua mereka. Tidak lama kemudian datanglah Sinta. Sinta adalah seorang anak yang kurang memperhatikan perintah orangtua dan sering melanggarnya.

Sinta : Eh.. ada apa kok kelihatannya lagi pada serius gitu?

Tomy :Eh kamu Sinta.. nggak kok, Lisa cerita ke aku kalau dia kemarin disuruh Ibunya untuk beli barang kebutuhan dapur, tapi dia kelupaan.

Lisa : Iya, Sinta.

Sinta : Terus? Kenapa gitu aja kok kayak jadi masalah serius gitu buat kamu Lisa?

Lisa : Ya iya dong, itu namanya kan aku nggak ngendahin perintah Ibu aku. Kan nggak baik kalau seorang anak sering nggak memperhatikan perintah orangtuanya.

Tomy : Betul tu.. harusnya Lisa nggak suka lupa gitu.

Sinta : Yea elah.. kalau cuman gutu aja mah aku sering. Ngapain juga urusan kecil gitu aja kalian pikir ampe segitunya.

Tomy : Kok kamu seperti itu sih Sinta? Ya sudah seharusnya dong Lisa menyesal, kan itu nggak bagus namannya. Nggak memperdulikan perintah orangtua.

Sinta : Kalau aku sih, bukan sekali-dua kali saja begituan. Lagian yang namanya nggak ingat mau gimana lagi. Masak setiap orangtua nyuruh kita harus dipenuhin, nggak juga kan?

Lisa : Ya harus dong Sinta. Yang namanya orangtua kalau udah nyuruh kita yang kita harus kerjakan.

Tomy : Ah.. aku sih kalau sempat yang aku kerjain, kalau nggak yang nggak.

Lisa : Itu nggak baik Sinta. Itu namanya kamu anak yang tidak patuh pada perintah orangtua. Kamu harus bisa merubah sikap kamu, ntar kamu jadi anak yang durhaka lagi.

Tomy : Betul kata Lisa itu Sinta. Kamu harus berubah. Jangan membiasakan diri meremehkan perintah Ibu/Ayah kamu. Nggak baik itu.

Sinta : Iya deh.. aku ngerti.

5. Contoh Naskah Drama Tradisional

Berikut ini adalah contoh Naskah drama tradisional:

Judul: Malin Kundang

Pemain: Malin Kundang, Mande (Ibunya Malin Kundang), dan Puteri.

Prolog

Malin Kundang adalah seorang anak yang telah lama merantau meninggalkan tanah kelahirannya. Ia mengembara mengadu nasib demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Ia meninggalkan Mande, ibu kandungnya seorang diri di tanah kelahirannya. Singkat cerita, akhirnya Malin Kundang berhasil menikah dengan seorang putri saudagar kaya raya. Ia pun kembali ke tanah kelahirannya bersama sang putri.

Dialog

Malin : Istriku, inilah tanah kelahiranku dulu (sambil menunjuk ke arah daratan dari atas perahu yang bersandar).

Putri : Sungguh indah sekali tanah kelahiran kau ini Kanda.

Mande : (berlari tertatih-tatih setelah mendengar kabar bahwa anaknya sudah sukses dan pulang) Malin! Kau kah itu nak? (berteriak-teriak kegirangan).

Putri : Siapakah wanita tua itu Kanda?

Malin : (menyembunyikan wajah terkejut ketika melihat ibunya berlari ke arah perahu) Kanda tak tahu Dinda. Mungkin itu hanya pengemis yang ingin meminta sedikit sumbangan dari kita saja. Sudah jangan pedulikan lagi dia.

Mande : Malin, ini ibumu nak. Sudah lupakah kau pada ibu yang telah mengandung dan membesarkan kau ini Malin?

Malin : Wahai wanita tua! Jangan sekali-kali kau berani mengaku sebagai ibuku. Enyahlah kau! Ibuku bukan wanita tua renta sepertimu, dan ibuku sudah lama meninggal. Pergi kau dari sini! Jangan sampai kau mengotori kapalku ini! (berteriak emosi sambil menunjuk ke ibunya).

Mande : (mendengar kata-kata anaknya, ia menangis menahan kesedihan) Ya Tuhan, kenapa pula anakku berubah menjadi seperti ini? Apa salahku ini Tuhan? Jika memang ia bukan anakku, maka maafkanlah ia yang telah menghinaku ini. Namun jika ia benar anakku si Malin Kundang, maka hukumlah dia yang telah durhaka itu (sambil menengadahkan tangan memohon kepada Tuhan).

Tiba-tiba terdengar suara gemuruh, petir datang menggelegar. Badai besar tiba-tiba datang dan kapal Malin Kundang terbalik. Seketika kilat menyambar tubuh Malin dan istrinya. Anehnya, mereka berdua kemudian berubah menjadi batu. Itulah kekuatan doa seorang ibu. Jangan sampai kita menjadi anak yang durhaka kepada kedua orang tua.

Simak terus artikel dan info menarik dari bundalapak yahh