Jenis Lantai Vinyl Rumah Sakit Terbaik yang Bisa di Gunakan

Lantai vinyl adalah tipe lantai yang terbuat dari campuran sperti stone salt, kapur, dan juga batu gamping. Desain lantai vinyl rumah sakit bisa tampil dengan banyak warna maupun corak.

Pengaplikasian lantai vinyl bisa dilakukan di mana saja, lantai vinyl bisa menjadi pelapis lantai rumah dan bisa juga dipakai seperti di ruang publik, sekolah, sampai rumah sakit.

Saat ini bahkan peminat pengaplikasian lantai vinyl di rumah sakit semakin lama semakin bertambah, maka dari itu belakangam ini kerap kali disebut vinyl rumah sakit.

Untuk memilih lantai rumah sakit pada dasarnya memiliki spesifikasi khusus dengan kandungan formaldehida atau yang diketahui sebagai formalin yang sudah terstandarisasi secara internasional. Standar ini dipakai untuk menjaga kwalitas fasilitas pada sebuah rumah sakit supaya konsisten memenuhi kualifikasi kesehatan dan kenyamanan pasien.

Lantai vinyl rumah sakit biasanya menggunakan bahan vinyl khusus yang memiliki lapisan anti bakteri dan anti kimia. Hal ini ditujukan untuk menjaga ruangan konsisten dalam kondisi steril.

Baca Juga  Manfaat Minyak Herba Sinergi Untuk Anda

Saat ini jenis vinyl yang biasa di gunakan pada lantai rumah sakit di bagi menjadi dua tipe, yang pertama adalah vinyl heterogeneous dan yang kedua adalah vinyl homogeneous.

Kedua tipe vinyl ini biasa di pakai untuk melapisi lantai rumah sakit. Tetapi kedua lantai ini memiliki perbadaan dari standarisasinya, sehingga tidak semua tipe vinyl bisa di gunakan di setiap ruangan. Ada tipe vinyl yang boleh di gunakan di ruangan khusus ada yang tidak boleh di gunakan.

1. Lantai vinyl rumah sakit heterogeneous

Vinyl dengan tipe heterogeneous memiliki berbagai tipe lapisan. Lapisan di permukaan pada lantai vinyl ini berbeda dengan bagian dasarnya. Sehingga tipe lantai vinyl heterogenous memiliki harga yang lebih ekonomis di banding dengan lantai vinyl homogeneous.

Baca Juga  Template Ɗan Contoh Slip Gaji Karyawan

Pada umumnya, Lapisan anti bakteri yang ada di lantai vinyl heterogeneous hanya berada di bagian permukaannya, sedangkan bagian bawah vinyl biasanya menggunakan bahan campuran seperti karet dengan PVC.

Dan untuk beberapa raungan seperti ruang UGD atau ruang Pereawatan, lantai vinyl heterogenous masih di perbolehkan untuk di gunakan. Tetapi, vinyl dengan tipe heterogenous lebih cenderung sulit untuk di bersihkan. Hal ini karena lantai model ini memiliki sifat yang meresap noda seperti darah.

2. Lantai vinyl rumah sakit homogeneous

Vinyl rumah sakit dengan tipe homogeneous lebih memiliki struktur bahan yang kuat. Vinyl homogeneous adalah vinyl rumah sakit dengan satu lapisan utuh mulai dari permukaan atas sampai dengan bagian dasarnya.

Vinyl dengan tipe homogeneous memiliki lapisan anti bakteri pada semua bagiannya. Hal ini membuat jika lapisannya terkelupas ataupun rusak, vinyl masih bisa terlindungi dari berbagai macam bakteri ataupun bahan kimia yang jatuh ke lantai.

Baca Juga  5+ Cara Mengecilkan Perut Secara Alami dan Sehat

Hal ini membuat vinyl rumah sakit dengan tipe homogeneous cenderung berharga lebih mahal di bandingkan dengan bahan yang biasanya dipakai pada ruangan dengan tingkat higienis yang sangat tinggi seperti contohnya ruang operasi.

Lapisan lantai homogeneous yang utuh membuat struktur lantainya menjadi betul-betul solid sehingga lantai homogeneous lebih sulit untuk di tembus dengan noda darah. Hal ini membuat lantai vinyl dengan tipe homogeneous lebih mudah untuk dibersihkan yang otomatis lantai ini lebih awet dalam penggunaannya.

Selain dengan lantai yang harus anti bakteri, ruang yang memiliki standar sterilisasi tinggi seperti ruang operasi dan ruangan lain yang memeliki karekter serupa juga biasanya harus memiliki wallpapaerr dinding berbahan dasar vinyl yang juga steril dan bebas dari bakteri.